Dideklarasikan 57 Pemimpin Redaksi, Begini 4 Misi ICEC
Terbaru

Dideklarasikan 57 Pemimpin Redaksi, Begini 4 Misi ICEC

Menjadi wadah atau forum silaturahmi antar Pimred dalam menegakkan independensi redaksi.

Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Logo ICEC. Foto: Istimewa
Logo ICEC. Foto: Istimewa

Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tanggal 3 Mei diperingati sejumlah Pemimpin Redaksi (Pemred) media di tanah air dengan Penandatangan Piagam Palembang. Sebanyak 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC).

Keberadaan ICEC bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian alam mengelola dan memimpin media. Selain itu,  juga bertujuan membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik. Para Pempred media dari berbagai daerah di nusantara memandang perlunya sebuah wadah koordinasi antar Pemred dalam membangun sebuah redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.

Perwakilan dari 57 Pemred, Rosniawanti mengatakan ICEC menjadid wadah dalam bertukar gagasan maupun keahlian dalam mengelola dan memimpin sebuah media. Selain itu, ICEC menjadi wadah dalam mewujudkan profesionalitas Pemred yang selalu mengedepankan pemberitaan yang mengedepankan kebenaran data dan fakta.

“Maka kami yang bertandatangan di bawah ini  menyatakan mendeklarasikan terbentuknya Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club),” ujarnya melalui keterangannya membacakan deklarasi pembentukan ICEC di Hotel Zuri Palembang, Sabtu (4/5/2024).

Baca juga:

Tak hanya itu, ICEC menjadi wadah atau forum silaturahmi antar Pemred dalam menegakkan independensi redaksi. Soal mengenai bentuk organisasi maupun prinsip-prinsip penyelenggaraan ICEC, menurut Rosniawanti yang notabene menjabat Pemred BentaraTimur itu bakal dibahas dalam waktu dekat.

Perlu diketahui, deklarasi pembentukan  Indonesia Chief Editors Club digelar di Palembang, sekaligus sebagai kado  Hari Pers Internasional, tahun ini. Saat deklarasi berlangsung juga disiarkan langsung melalui zoom. Serta juga live youtube, TikTok, Instagram, Facebook dan lainnya.

Tags:

Berita Terkait