FH UII-Unram Kolaborasi untuk Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Terbaru

FH UII-Unram Kolaborasi untuk Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tentunya dengan tujuan untuk semakin meningkatkan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram, Dr. Lalu Wira Pria Suhartana dan Dekan FH UII Prof. Dr. Budi Agus Riswandi (tengah)  usai penandatangan kerja sama. Foto: Istimewa
Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram, Dr. Lalu Wira Pria Suhartana dan Dekan FH UII Prof. Dr. Budi Agus Riswandi (tengah) usai penandatangan kerja sama. Foto: Istimewa

Dalam rangka meningkatkan implementasi kegiatan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram (Unram) dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) menjalin kerja sama. Kerja sama ini diteken pada 25 April 2024 lalu di Ruang Sidang Dekan, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram.

“Saat ini Fakultas Hukum UII mencoba mengarahkan kerja sama ke wilayah timur Indonesia terutama Lombok, Nusa Tenggara Barat dimana kami juga memiliki alumni yang sudah berkiprah di banyak sektor di NTB,” ujar Dekan FH UII Prof. Dr. Budi Agus Riswandi sebagaimana dikutip dari rilis resmi yang diterima Hukumonline. Jum’at (26/4/2024).

Baca Juga:

Ia mengatakan kerja sama yang dilakukan akan memberikan implikasi positif berupa manfaat bagi kedua kampus. “Kita berharap dengan kerja sama ini tidak terbatas hanya dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga dalam hal yang lain seperti dalam hal akreditasi internasional. Saya percaya dengan sinergitas dan kolaborasi antara sekolah hukum ini, maka kita akan maju bersama,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dodik Setiawan Nur Heriyanto selaku Kaprodi Hukum Program Sarjana FH UII sangat menantikan implementasi dan kolaborasi dari kerja sama yang resmi terbentuk. Pasalnya, saat ini telah terdapat mahasiswa FH UII atas nama Wahyu Nur Indah Karisma dari Program Studi Hukum Program Sarjana FH UII yang sudah mengikuti Program MBKM Pertukaran Pelajar di Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Mataram selama 1 semester.

“Kami masih dalam proses transisi dalam mengelola program studi dan NTB memiliki banyak predikat yang sudah baik sebagai kawasan wisata yang sudah mendunia. Hal ini bisa menjadi daya tarik untuk banyak dikerjasamakan baik dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kami sangat berterima kasih Fakultas Hukum UII sudah berkenan hadir dan mengkolaborasikan banyak hal untuk ke depan,” ungkap Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram, Dr. Lalu Wira Pria Suhartana.

Sebagai informasi, pihak FH UII beberapa waktu belakangan ini memang gencar melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak. seperti yang terjadi pada Februari 2024, FH UII teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Indonesia Corruption Watch (ICW). Dengan tujuan yang serupa yakni untuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) atau Program Kampus Merdeka terutama terkait dengan Pemagangan.

Mereka pun menjalin kerja sama antar Program Studi dengan Fakultas Hukum Universitas lainnya baru-baru ini. Adalah dengan Prodi Sarjana Hukum S1 Universitas Sumatera Utara (FH USU) yang lagi-lagi berkenaan dengan kolaborasi dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pertukaran Pelajar. 

Tags:

Berita Terkait