Mau Kerja di PBB? UNODC Buka 5 Lowongan Kerja untuk Magister Hukum
Terbaru

Mau Kerja di PBB? UNODC Buka 5 Lowongan Kerja untuk Magister Hukum

Antara lain Consultant (Legal drug control matters), Crime Prevention and Criminal Justice Officer (Project Leader), Programme Officer (Crimes that Affect the Environment), Programme Coordinator (Crimes that Affect the Environment), dan Crime Prevention and Criminal Justice Officer (Firearms Control Expert).

Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Foto: www.unodc.org
Foto: www.unodc.org

United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) atau Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan telah berdiri sejak tahun 1997 melalui penggabungan antara Program Pengendalian Narkoba PBB dan Pusat Pencegahan Kejahatan Internasional. Memiliki jaringan kantor lapangan yang beroperasi di seluruh dunia, UNODC memikul mandat membantu negara-negara anggota dalam perjuangan mereka melawan obat-obatan terlarang, kejahatan, dan terorisme.

Saat ini terdapat sejumlah lowongan pekerjaan yang dibuka oleh UNODC, 5 diantaranya menyasar kandidat dengan latar belakang hukum. Pertama, untuk posisi Consultant (Legal drug control matters) yang ditugaskan di Vienna, Austria. Lowongan ini terbuka sampai dengan 15 Januari 2024.

Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi termasuk dari segi pendidikan, kandidat yang diperlukan menyandang gelar lanjutan dari universitas setingkat Magister atau setara di bidang hukum internasional, hukum pidana, hukum kesehatan, atau bidang terkait. Namun gelar universitas di tingkat pertama (sarjana hukum) pada bidang serupa dengan dikombinasikan 2 tahun pengalaman dapat diterima sebagai pengganti gelar lanjutan.

Kandidat memiliki setidaknya 2 tahun pengalaman relevan yang bertanggung jawab secara progresif dalam analisis legislasi/penelitian hukum, lebih disukai di bidang pengendalian narkoba, peradilan pidana, implementasi perjanjian internasional atau isu-isu terkait erat; serta mempunyai pengalaman kerja sebelumnya di organisasi internasional akan lebih disukai.

Meski bahasa Inggris dan Perancis merupakan bahasa kerja Sekretariat PBB, namun untuk posisi ini kefasihan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan menjadi aspek yang diperlukan. Bila kandidat fasih dalam bahasa resmi PBB lainnya, maka dapat menjadi keuntungan. Jika tertarik mendaftarkan diri, bisa mengirim lamaran dengan mengisi dokumen lengkap melalui situs UN Careers berikut ini.

Kedua, posisi Crime Prevention and Criminal Justice Officer (Project Leader) yang terbuka sampai dengan 27 Januari 2024. Kualifikasinya kandidat memiliki gelar Magister atau setara dalam hukum internasional, hukum pidana, atau ilmu sosial atau gelar Sarjana di bidang serupa dengan dikombinasikan 2 tahun pengalaman kualifikasi tambahan dapat diterima sebagai pengganti; fasih berbahasa Inggris diperlukan.

Setidaknya memiliki 5 tahun pengalaman profesional yang bertanggung jawab langsung dalam manajemen proyek yang disampaikan dengan banyak negara mitra; berpengalaman dalam penugasan dan manajemen kontrak mitra pelaksana; berpengalaman membangun dan memelihara hubungan kerja dengan organisasi masyarakat sipil, termasuk mengevaluasi dan menilai proposal hibah.

Tags:

Berita Terkait