Menyorot Peran Media Siber dalam Menjaga Stabilitas Nasional
Terbaru

Menyorot Peran Media Siber dalam Menjaga Stabilitas Nasional

Media siber dapat berkolaborasi dengan dunia usaha sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM. Kolaborasi dapat dikemas melalui hal menarik.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Ekonom Senior Indef, Aviliani. Foto: JAN
Ekonom Senior Indef, Aviliani. Foto: JAN

Media massa memiliki peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu peristiwa. Seiring perkembangan teknologi informasi, media massa bertransformasi dalam berbagai bentuk, tak hanya cetak tapi juga digital atau siber. Dengan bentuk media siber, penyebaran informasi dapat lebih cepat dan luas kepada masyarakat. Menyadari pentingnya peran tersebut, iklim industri media siber harus memiliki kualitas dan ekosistem bisnis yang sehat.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani, menyampaikan media massa khususnya siber memiliki peran penting dalam jaga stabilitas nasional. Dia mendorong media siber bekerja secara profesional, transparan, akuntabel, dan ketaatan pada aturan main yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan tentang perusahaan pers yang ada.

“Saya amati ekonomi jadi penting karena persepsi ekonomi jadi nomor satu. Ketika orang yakin, orang mau berinvestasi dan membeli barang atau jasa. Apalagi mendekati tahun pemilu, sebaiknya media mampu memberikan input dan berita berimbang dan informasi positif kepada masyarakat. Sehingga, orang anggap pemilu itu merupakan hal biasa sehingga agar orang tidak takut berinvestasi,” jelas Aviliani dalam acara sosialisasi Trusted News Indikator (Indikator Kepercayaan Media) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pada Rabu (3/5/2023).

Baca juga:

Dia mencontohkan pada pemilu 2019 terjadi perpecahan sosial yang efeknya masih dirasakan saat ini. Menurut Aviliani, media massa memiliki peran penting untuk meminimalisir perpecahan tersebut melalui pemberitaannya. Perusahaan media harus mengetahui pangsa pasarnya agar menjalankan bisnisnya dengan positif.

Dia menjelaskan setidaknya terdapat tiga kelompok pasar dalam bisnis media. Yakni, kelas atas, menengah dan bawah. Dengan terciptanya iklim industri media yang positif diharapkan dapat berdampak terhadap kualitas kinerja media tersebut.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi, menyampaikan media massa memiliki peran penting dalam edukasi serta promosi pelaku usaha. Saat pandemi Covid-19, peran media siber sangat penting dalam penyebaran informasi yang bermanfaat bagi pelaku usaha.

Tags:

Berita Terkait