-

UMKM Bisa Konsultasi Hukum Gratis Terkait Covid-19, Ini Daftar Advokatnya

Pandemi Covid-19 menghantam dunia usaha. Sektor yang paling terdampak adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi. Hal ini mengakibatkan tidak sedikit UMKM dan Koperasi yang harus berurusan dengan hukum. Ada tiga persoalan hukum yang paling sering dihadapi UMKM dan Koperasi selama pandemi, ketenagakerjaan, hutang piutang, serta pembatalan kontrak.

Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UMKM menggandeng anak perusahaan Hukumonline Group, Justika.com melalui platform online-nya untuk mendampingi secara gratis UMKM dan Koperasi ketika berhadapan dengan hukum. Hal ini untuk memudahkan akses UMKM dan Koperasi kepada para advokat.

Co Founder Hukumonline Group, Akhmad Fikri Assegaf, mengungkapkan kendala yang dihadapi UMKM adalah akses terhadap advokat yang masih terbatas serta kesenjangan biaya jasa hukum yang terlampau tinggi sehingga sering menyulitkan UMKM untuk memperoleh bantuan hukum secara tepat. 

“Jadi boleh di bilang selama ini UMKM, itu sama sekali tidak terekspos dengan jasa hukum bidang usaha dengan baik. Oleh karena itu gap ini kita coba perkecil,” ujar Fikri dalam Meeting Lawyer secara daring bersama Menteri Koperasi UKM dan sejumlah advokat, Senin (11/5).

Menurut Fikri, tidak jarang pelaku UMKM dalam menghadapi persoalan hukum mengalami keterbatasan informasi dan akses kepada advokat yang menyediakan Jasa hukum di bidang bisnis. Oleh karena itu, melalui platform Justika.com, situasi ini coba untuk diubah. (Baca: Kemenkop UKM Gandeng Hukumonline Beri Konsultasi Gratis UMKM Terdampak Covid-19)

Saat ini sudah 99 orang advokat yang terdaftar Justika.com. Advokat-advokat ini nantinya akan melayani konsultasi pelaku UMKM dan Koperasi secara gratis. Hal ini tidak terlepas juga dari panggilan kewajiban probono advokat yang harus menyediakan jasa hukum gratis, minimal 50 jam dalam setahun. 

Untuk mengetahui daftar nama advokat probono yang siap membantu konsultasi hukum gratis kepada UMKM dan koperasi yang terdampak Covid-19, silakan klik di sini.

Jumlah ini menurut Fikri merupakan bagian dari cerminan kesadaran dan kesetiakawanan sosial profesi advokat. “Hampir 100 advokat yang terdaftar. Ini menunjukkan kita di profesi advokat punya kesadaran dan kesetiakawanan sosial yang tinggi,” tambah Fikri. 

Salah satu advokat mitra Justika.com, Muhammad Agus Riza Hufaida menyebutkan, melalui fitur chat yang tersedia di platform Justika.com, dirinya bisa merasakan langsung tingginya animo para pencari jasa advokat secara online. 

Untuk itu Riza mengakui dirinya selalu menyempatkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan konsultasi dari para pencari jasa hukum. “Layanannya gratis. Ini memang antusiasme nya luar biasa,” ujar Riza.

Riza sendiri mengakui sejak Januari, telah melayani ribuan konsultasi hukum secara gratis melalui Justika.com. Di rentang Januari hingga Februari, Riza menerima chat di fitur Justika.com sebanyak 312 chat. Kemudian Februari hingga Maret sebanyak 641 chat. Sedangkan Maret hingga April 2020, sebanyak 709 chat. “Itu gratis semua dalam jangka waktu 24 jam,” tambah Riza.

Sementara ruang lingkup hukum yang ditanyakan pun sangat beragam. Menurut perkiraaan Riza, paling banyak konsultasi yang datang mengenai masalah keluarga. Di sanah ada pertanyaan-pertanyaan menyangkut perceraian, waris, dan lain-lain. 

“Kemudian perdata dan bisnis, hutang piutang, kontrak. Terus booming sebulan ke belakang ketenagakerjaan, dengan pidana dan lain-lain,” ungkap Riza.

BACA JUGA