​​​​​​​Dari Perbedaan Plh dengan Plt Hingga Hukumnya Edit Wajah Orang Menjadi Meme
10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Dari Perbedaan Plh dengan Plt Hingga Hukumnya Edit Wajah Orang Menjadi Meme

Artikel mengenai ancaman administratif jika tak mendaftar BPJS hingga prosedur pemindahan hak atas saham karena pewarisan juga diulas Klinik Hukumonline.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
​​​​​​​Dari Perbedaan Plh dengan Plt Hingga Hukumnya Edit Wajah Orang Menjadi Meme
Hukumonline

Informasi hukum kini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat umum. Maka dari itu, Hukumonline.com melalui salah satu rubriknya Klinik Hukumonline, telah menjadi medium terdepan dalam menghadirkan informasi hukum yang mudah dipahami. Dengan tagline “yang bikin melek hukum, emang klinik hukum”, Tim Klinik mengemas berbagai ketentuan hukum ke dalam artikel yang ringkas dan mudah dicerna.

Tak hanya artikel, kini edukasi hukum yang disampaikan juga telah hadir dalam berbagai format seperti infografis, video, chatbot, hingga podcast. Berdasarkan hasil rangkuman tim Klinik Hukumonline, berikut adalah 10 artikel terpopuler di media sosial yang terbit sepanjang sepekan terakhir. Dari perbedaan pelaksana harian (Plh) dengan pelaksana tugas (Plt) hingga hukumnya edit wajah orang menjadi meme.

  1. Perbedaan Pelaksana Harian (Plh) dengan Pelaksana Tugas (Plt)

Perbedaan mendasar antara Pelaksana Harian dengan Pelaksana Tugas adalah Pelaksana Harianmelaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan sementara, sedangkan Pelaksana Tugas melaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan tetap. Selain itu, baik Pelaksana Harian maupun Pelaksana Tugas memiliki batasan dalam menjalankan tugasnya.

  1. Jerat Hukum Mengedit Wajah Orang Menjadi Meme

Mengubah foto diri seseorang menjadi meme ternyata dapat berakibat pada penjatuhan sanksi pidana. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai penghinaan ringan berdasarkan Pasal 315 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana jika orang yang menjadi objek meme tersebut merasa tersinggung.

  1. Status Hukum Orang Tua Tunggal (Single Parent)

Meskipun berstatus sebagai single parent, namun ibu yang melahirkan anak luar kawin memiliki kedudukan hukum sebagai orang tua yang bertanggung jawab untuk menjaga anak dan merawat anak sejak dalam kandungan untuk selanjutnya mengasuh, memelihara, mendidik dan melindungi anak hingga dewasa.

Prosedur penerbitan akta kelahiran tanpa buku nikah/kutipan akta perkawinan pada dasarnya sama saja dengan tata cara memperoleh akta kelahiran pada umumnya.

  1. Prosedur Pemindahan Hak atas Saham karena Pewarisan

Langkah yang harus dilakukan dalam proses pemindahan hak atas saham karena pewarisan adalah:

  1. menyepakati salah satu ahli waris sebagai wakil pemegang saham;
  2. membuat akta pemindahan hak atau bukti-bukti lainnya sebagai ahli waris;
  3. menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada perseroan;
  4. direksi kemudian akan mencatat pemindahan hak atas saham, tanggal, dan hari pemindahan hak tersebut dalam daftar pemegang saham atau daftar khusus;
  5. direksi memberitahukan perubahan susunan pemegang saham kepada Menteri Hukum dan HAM untuk dicatat dalam daftar perseroan paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal pencatatan pemindahan hak.
Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait