-

Dari Perbedaan Plh dengan Plt Hingga Hukumnya Edit Wajah Orang Menjadi Meme

Informasi hukum kini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat umum. Maka dari itu, Hukumonline.com melalui salah satu rubriknya Klinik Hukumonline, telah menjadi medium terdepan dalam menghadirkan informasi hukum yang mudah dipahami. Dengan tagline “yang bikin melek hukum, emang klinik hukum”, Tim Klinik mengemas berbagai ketentuan hukum ke dalam artikel yang ringkas dan mudah dicerna.

Tak hanya artikel, kini edukasi hukum yang disampaikan juga telah hadir dalam berbagai format seperti infografis, video, chatbot, hingga podcast. Berdasarkan hasil rangkuman tim Klinik Hukumonline, berikut adalah 10 artikel terpopuler di media sosial yang terbit sepanjang sepekan terakhir. Dari perbedaan pelaksana harian (Plh) dengan pelaksana tugas (Plt) hingga hukumnya edit wajah orang menjadi meme.

Perbedaan mendasar antara Pelaksana Harian dengan Pelaksana Tugas adalah Pelaksana Harianmelaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan sementara, sedangkan Pelaksana Tugas melaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan tetap. Selain itu, baik Pelaksana Harian maupun Pelaksana Tugas memiliki batasan dalam menjalankan tugasnya.

Mengubah foto diri seseorang menjadi meme ternyata dapat berakibat pada penjatuhan sanksi pidana. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai penghinaan ringan berdasarkan Pasal 315 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana jika orang yang menjadi objek meme tersebut merasa tersinggung.

Meskipun berstatus sebagai single parent, namun ibu yang melahirkan anak luar kawin memiliki kedudukan hukum sebagai orang tua yang bertanggung jawab untuk menjaga anak dan merawat anak sejak dalam kandungan untuk selanjutnya mengasuh, memelihara, mendidik dan melindungi anak hingga dewasa.

Prosedur penerbitan akta kelahiran tanpa buku nikah/kutipan akta perkawinan pada dasarnya sama saja dengan tata cara memperoleh akta kelahiran pada umumnya.

Langkah yang harus dilakukan dalam proses pemindahan hak atas saham karena pewarisan adalah:

  1. menyepakati salah satu ahli waris sebagai wakil pemegang saham;
  2. membuat akta pemindahan hak atau bukti-bukti lainnya sebagai ahli waris;
  3. menyampaikan dokumen-dokumen tersebut kepada perseroan;
  4. direksi kemudian akan mencatat pemindahan hak atas saham, tanggal, dan hari pemindahan hak tersebut dalam daftar pemegang saham atau daftar khusus;
  5. direksi memberitahukan perubahan susunan pemegang saham kepada Menteri Hukum dan HAM untuk dicatat dalam daftar perseroan paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal pencatatan pemindahan hak.

Pendisiplinan murid oleh gurunya dapat disalahartikan sebagai kekerasan terhadap anak. Maka dari itu, guru harus menyeimbangkan hak dan kewajibannya serta melaksanakannya dengan bertanggung jawab, sehingga diharapkan tidak akan terjadi permasalahan karena adanya salah paham tersebut.

Ketika perusahaan dinyatakan pailit, sebenarnya usahanya masih dapat dilanjutkan oleh tim kurator, namun kurator memang dapat memutus hubungan kerja karyawan perusahaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai ketenagakerjaan.

Ketika diputus hubungan kerjanya, karyawan dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu dan karyawan dengan perjanjian kerja waktu tertentu mendapatkan hak yang berbeda.

Meskipun telah tercapai perdamaian antar para pihak, proses hukum atas delik biasa, seperti dugaan penipuan/penggelapan, yang sedang berlangsung tidak serta merta dapat dihentikan.

Namun demikian, Peraturan Kepala Kepolisan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana memungkinkan para pihak untuk dapat menyelesaikan permasalahan pidana dengan jalan damai.

Bagi setiap orang maupun pemberi kerja selain penyelenggara negara akan dijatuhi sanksi administratif apabila tidak mendaftarkan diri ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti. Secara umum, sanksi administratif tersebut berupa teguran tertulis, denda dan/atau tidak mendapat pelayanan publik tertentu.

Apabila telah tersedia lajur khusus sepeda, tetapi pesepeda dengan sengaja menggunakan lajur jalan kendaraanbermotor, ia bisa dipidana kurungan maksimal 15 hari atau denda maksimal Rp100 ribu berdasarkan Pasal 299 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Perkawinan menurut hukum Islam adalah pernikahan, yaitu akad (rangkaian ijab yang diucapkan oleh wali dan kabul) yang sangat kuat atau mitssaqan ghalidzan untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan ibadah. Sedangkan resepsi tidaklah harus ada dalam perkawinan. Kegiatan ini tidak menentukan keabsahan perkawinan.

Demikian 10 artikel pilihan pembaca yang paling ‘laris’ sepanjang minggu ini. Jika kamu punya pertanyaan, silakan kirim pertanyaan ke www.hukumonline.com/klinik. Kamu perlu log in dahulu sebelum mengajukan pertanyaan. Tapi sebelum kirim, silakan cek arsip jawabannya dulu ya! Siapa tahu sudah pernah dijawab oleh tim Klinik.

BACA JUGA