Dita Eka Septiawati: Lighting the Way in Oil & Gas Law
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Dita Eka Septiawati: Lighting the Way in Oil & Gas Law

Kaya akan pengalaman menangani kompleksitas industri minyak dan gas bumi selama lebih dari satu dekade berkarier. Dita sangat menyadari bahwa kolaborasi merupakan kunci utama dalam mencapai kesuksesan.

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Legal Counsel Business Development PT Pertamina Hulu Energi, Dita Eka Septiawati. Foto: Istimewa
Legal Counsel Business Development PT Pertamina Hulu Energi, Dita Eka Septiawati. Foto: Istimewa

Memantik keunggulan dalam hukum khususnya oil & gas law, bukan hanya tentang meningkatkan keahlian hukum yang dimiliki, tetapi juga tentang inisiatif dan kemauan untuk berbagi pengetahuan. Terlebih oil and gas law merupakan ilmu hukum yang cukup kompleks dan spesifik. 

Dita Eka Septiawati bersama rekan-rekan agent of change Legal Counsel PT Pertamina Hulu Energi menginisiasi kegiatan “Legal For Next Generation”. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada generasi muda, untuk belajar secara langsung dari praktisi hukum oil and gas (migas). Khususnya terkait dengan kompleksitas aspek hukum, regulasi, tantangan dan peluang di industri migas. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa tingkat akhir untuk memahami dunia hukum migas melalui program kerja praktek atau internship

Menurut Dita, lebih dari sekadar mengisi gelas orang lain, kegiatan sharing ilmu juga secara tidak langsung juga mengisi gelas para praktisi hukum yang terlibat. Berbagi pengetahuan dan pengalaman, dapat memperkuat kemampuan dan pemahaman, mengasah keterampilan kepemimpinan, hingga membantu membentuk masa depan yang lebih baik khususnya di bidang hukum migas. Dita Juga beberapa kali dipercaya oleh legal management untuk menjadi mentor kerja praktek dan intern

Pengalaman kerja selama lebih dari 11,5 tahun, khususnya dalam menangani kompleksitas industri minyak dan gas bumi, menjadikan Dita sebagai sosok yang mampu memberikan solusi atas permasalahan hukum industri tersebut. Pengembangan bisnis dan proyek-proyek strategis investasi dan divestasi perusahaan pastinya bersinggungan dengan risiko hukum. 

Dita mampu melakukan komunikasi yang baik dengan sesama rekan kerja hingga stakeholder terkait. Dia juga memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri atau dalam tim. 

Berbagai pencapaian penting pun berhasil diraihnya, di antaranya recognition for continuous improvement initiatives dari perusahaan dan memenangkan berbagai kompetisi video yang diadakan oleh perusahaan (termasuk video BUMN AKHLAK). Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilannya tidak hanya secara akademis tetapi juga di sektor kreatif. 

Berlatar belakang hukum pidana, perjalanan professional Dita dimulai di kantor pidana khusus di Kejaksaan Negeri. Namun, hal ini tidak membatasi potensinya untuk meniti karier sebagai seorang lawyer dan in-house legal counsel di perusahaan. Untuk mendukung profesinya, Dita melanjutkan program magister di Universitas Indonesia untuk lebih mendalami hukum perusahaan dan bisnis. 

Tags:

Berita Terkait