Pelaku Konservasi Usul RUU KSDAHE Libatkan Masyarakat Adat Dalam Kegiatan Konservasi
Terbaru

Pelaku Konservasi Usul RUU KSDAHE Libatkan Masyarakat Adat Dalam Kegiatan Konservasi

Pemerintah daerah perlu diberi kewenangan untuk melindungi satwa langka.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Komisi IV DPR telah mengundang berbagai pihak dalam rangka membahas  Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAHE). Dalam rapat dengar pendapat umum yang digelar Selasa (11/04/2023) Komisi IV DPR meminta masukan dari kalangan pelaku konservasi dan lembaga konservasi.

Direktur Yayasan konservasi Rasi Budiono, menjelaskan pengalamannya dalam melindungi Pesut Mahakam yang jumlahnya terus menyusut menjadi 67 ekor. Secara umum Budiono mengatakan tidak mudah pihaknya menjaga satwa yang berpotensi menjadi endemik dunia itu. Pesut Mahakam tidak bisa dipindahkan dari habitat asilnya karena pengalaman dari pemindahan yang dilakukan ke Ancol pada tahun 1970-an menunjukan tidak ada Pesut Mahakam yang bertahan. Di habitat aslinya di aliran sungai mahakam dan anak sungainya sekitar 70 persen kematian Pesut Mahakam disebabkan oleh alat tangkap nelayan.

Budiono mengatakan, pihaknya berupaya keras menyambangi setiap desa, menemui ketua adat dan kepala desa serta masyarakat untuk memberikan pemahaman soal perlindungan Pesut Mahakam. Dia yakin peran masyarakat melakukan konservasi terhadap satwa dan ekosistemnya sangat penting mengingat 95 persen masyarakat di wilayah tersebut berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu dia mengusulkan RUU KSDAHE mengatur secara tepat peran penting masyarakat dalam melakukan konservasi.

“Masukan kami mengenai peran masyarakat terutama di pedesaan karena di pusat kurang dan jarang melihat secara langsung. Peran masyarakat sangat kuat,” kata Budiono dalam rapat dengar pendapat umum di Komisi IV DPR, Selasa (11/04/2023).

Baca juga:

Pendekatan yang dilakukan Budiono terhadap masyarakat lokal itu akhirnya berhasil menekan konflik antara nelayan dengan Pesut Mahakam. Tapi ada faktor ilegal lain yang bersifat destruktif bagi Pesut Mahakam yakni penangkapan ikan dengan cara menggunakan setrum. Tak hanya mengancam Pesut Mahakam tapi secara umum menurunkan jumlah ikan di sungai dan anak sungai Mahakam.

Kedudukan hukum adat menurut Budiono sangat penting untuk menangani persoalan tersebut. Mengingat di kabupaten Kutai Kertanegara, para tetua adat masih megang teguh hukum adat ketimbang hukum positif. Hukum adat yang berdampak positif terhadap konservasi juga harus diperkuat. Faktanya saat ini tak sedikit kawasan konservasi yang ada sejak masa kerajaan Kutai Kertanegara tapi sampai sekarang dibiarkan hancur.

Salah satu sebab regulasi yang ada saat ini termasuk UU No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya tidak melindungi kawasan konservasi warisan sejarah itu.  “Padahal warga lokal para pemegang wilayah adat menjaga wilayah itu tapi karena aturan yang tidak jelas dan pengamanan yang tidak baik dengan alasan tidak ada anggaran dari pihak berwenang,” ujar Budiono.

Tags:

Berita Terkait